Advertisement :

Pengunjung

Belanja Mainan Murah :


Mainan Magic Car
Mainan Magic Car
Mainan Magic Car
Mainan Magic Car
Mainan Magic Car

Gabung Info Dunia Ibu

Cara menabung di Bank

 

Setiap orang memiliki motivasi yang berbeda dalam menabung. Tergantung kemampuan dan kesadaran individu terhadap pemahaman menabung. Walaupun menabung itu sepertinya sederhana, tapi tidak jarang orang susah melakukannya, apalagi secara rutin.

Banyak sekali cara menabung, dari cara yang sangat sederhana seperti menyimpan di bawah kasur, celengan sampai menabung di Lembaga Keuangan seperti Bank, dan perusahaan Asuransi. Dari sekian banyak cara menabung, menabung pada lembaga keuangan seperti perbankan telah menjadi pilihan utama bagi masyarakat kita.

Bisnis Perbankan telah berkembang sangat pesat, ini dikarenakan pergeseran pola pikir masyarakat terhadap kesadaran menabung di Bank. Di perbankan dikenal tiga macam layanan produk, yaitu : tabungan, deposito dan giro. Namun di antara tiga layanan produk perbankan tersebut, tabungan yang paling popular. Selain persyaratan yang relatif mudah seperti cukup dengan mengisi aplikasi dan melampirkan identitas diri seperti KTP, SIM, paspor, atau kartu identitas lainnya, juga dana awal tabungan yang disetorkan ke bank relatif kecil.

Deposito dan giro tingkat bunganya lebih tinggi dibandingkan tabungan. Namun kedua layanan produk ini persyaratannya agak rumit dan uang yang disetorkan juga lebih besar.

Salah satu kelemahan menabung di Bank adalah tingkat bunga yang rendah. Apalagi bila nasabahnya memiliki saldo terbatas, saldo bisa terus berkurang karena dipotong biaya administrasi, dan pajak yang jauh lebih besar ketimbang bunga tabungan yang didapat.

Setelah kita mengetahui manfaat menabung di Bank sebaiknya motivasi kita menabung bukan mengejar bunga, tapi lebih untuk kemudahan melakukan transaksi sehari-hari lewat ATM dan faktor keamanan. Kalau ingin bunga dan return yang lebih tinggi, sebaiknya pilih alternatif investasi seperti deposito atau reksadana.

Berikut adalah cara mudah agar Anda dapat membiasakan diri menabung:

  1. Segera menabung setelah Anda menerima penghasilan
  2. Pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan
  3. Tentukan sejumlah uang yang ingin Anda tabung
  4. Anggap tabungan sebagai pengeluaran dan lupakan
  5. Atur budget Anda dan tabung setiap kelebihan di akhir bulan
  6. Secara bertahap naikkan persentase uang yang akan Anda tabung
  7. Jangan pernah menabung mengandalkan “jika masih ada sisa”

Mengapa menabung menjadi begitu penting dalam kehidupan kita? Karena pada dasarnya, kita semua memiliki tujuan dan impian yang lebih untuk masa depan. Itu semua dapat terwujud jika didukung dengan keuangan yang memadai untuk menjalankan semua aktifitas kita.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, uang sudah menjadi bagian penting dalam mendukung berbagai aktivitas yang kita lakukan dan beragam tujuan di dalamnya. Di mana pun kita berada, langsung ataupun tidak langsung, setiap aktivitas yang kita lakukan selalu berhubungan dengan uang, dan semua itu bermuara ke arah pengeluaran atau pemasukan.

Kegagalan menabung disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya :

  1. Kurang Disiplin
  2. Konsumtif
  3. Tidak berfikir jangka panjang
  4. Tidak sabar

Menabung merupakan suatu kebiasaan. Berapapun penghasilan Anda sebenarnya mempunyai kemampuan untuk menabung. Syarat menabung adalah jika pendapatan yang kita peroleh lebih besar dari pengeluaran. Namun disini juga menjadi masalah krusial kenapa sebagian besar orang malas untuk menabung. Setelah menabung sudah menjadi kebiasaan dan berjalan dengan baik, maka dapat dikembangkan dengan investasi.

Berikut adalah cara mudah agar Anda dapat membiasakan diri menabung:

  1. Segera menabung setelah Anda menerima penghasilan
  2. Pisahkan rekening belanja dengan rekening tabungan
  3. Tentukan sejumlah uang yang ingin Anda tabung
  4. Anggap tabungan sebagai pengeluaran dan lupakan
  5. Atur budget Anda dan tabung setiap kelebihan di akhir bulan
  6. Secara bertahap naikkan persentase uang yang akan Anda tabung
  7. Jangan pernah menabung mengandalkan “jika masih ada sisa”

Membiasakan diri menabung sejak dini akan membentuk sifat hemat, sabar dan berfikir jauh kedepan. Tetapi hindari hemat yang berlebihan agar tidak menjadi manusia yang pelit atau kikir. Biasakanlah sebelum menabung, bayar dulu pajak dan zakat Anda agar mendapatkan kehidupan yang berkah dan kebahagiaan dunia akhirat.

Menabung sangat berguna untuk masa depan kita. Karena tidak selamanya kita sehat, muda dan produktif. Dengan cara menabung yang benar kita dapat menggunakan di kemudian hari saat kita tidak produktif lagi. Setidaknya di masa tua kita masih bisa menikmati hasil kerja kita.

Semakin banyak Anda menabung di Bank akan rugi, karena bunga yang diberikan kecil tidak sesuai dengan kenaikan inflasi. Kelebihan uang Anda sebaiknya diinvestasikan sesuai dengan tujuan. Misal untuk jangka pendek sebaiknya simpan di depostio, untuk jangka panjang masukkan ke reksadana. Di perusahaan reksadana juga ada seleksi yang tujuannya untuk mengetahui tipe Anda masuk ke kategori konservatif atau agresif. Dan Anda tidak perlu pusing, karena mereka punya Fund Manager yang akan membantu mengelola uang Anda.

Buatlah tahapan-tahapan dalam hidup anda secara mendetail serta nilai uang yang dibutuhkan untuk menggapainya seperti untuk sekolah, kuliah, mencari pekerjaan, menikah, membeli kendaraan, berobat, biaya sekolah anak, biaya makan, rekreasi, membuka usaha dan lain sebagainya. Dengan begitu anda akan semakin bijak dalam melakukan pengeluaran setelah tahu seberapa besar dana yang anda butuhkan kelak.

Semoga tips ini dapat membantu anda dalam menentukan cara menabung yang benar agar masa depan anda dapat selalu bahagia tanpa kesulitan ekonomi.Sebelum membuka rekening di Bank, pikirkan dulu mau membuka rekening di Bank apa? Sebelumnya cari informasi mengenai Bank tersebut. Apakah Bank itu memiliki kredibilitas yang baik atau tidak? Setelah Anda yakin dengan pilihan Bank yang tepat untuk Anda, baru Anda pergi ke Bank tersebut.

Walaupun banyak pilihan, tetapi cara menabung di Bank prosedurnya hampir sama. Sebelum ke Bank sebaiknya Anda sudah menyiapkan dokumen yang diperlukan, seperti kartu identitas (KTP, SIM atau Paspor), salah satu saja.

Bagi yang belum punya rekening di bank, bisa baca “cara buka rekening bank” di bawah ini :

Cara Buka Rekening Bank

Pertama-tama Anda ambil kartu antrian untuk ke custumer service. Setelah dipanggil, kita akan dikasih formulir yang harus diisi, dan diminta fotocopy KTP atau kartu identitas yang lain. Customer Service akan mengurus semuanya, Anda tinggal duduk manis saja.

Kemudian Anda diminta tanda tangan di buku tabungan yang nantinya akan ditutup dengan plester berwarna silver. Tanda tangan ini sebagai bukti Anda sebagai pemilik sah rekening. Setelah semua selesai, Anda harus ke Teller untuk menyetor dana awal.

Cara Menyetor Dana atau Menabung

Ambil formulir penyetoran, kemudian isi : tanggal, nama penyetor, nomer rekening, alamat, nomer telepon, jumlah uang yang disetor, tanda tangan penyetor. Ketika di Teller, serahkan form dan uangnya, kalau bawa buku tabungan, berikan sekalian agar diprint.

Cara Mengambil Dana Tabungan

1. Pakai Buku Tabungan

Ambil formulir penarikan, kemudian isi : tanggal, nama pemilik rekening, nomer rekening, alamat, nomer telepon, jumlah uang yang mau diambil, tanda tangan pemilik rekening. Ketika di Teller, serahkan formulirnya, kalau bawa buku tabungan, berikan sekalian agar diprint. Kalau mengambil dana harus pemilik rekening yang melakukannya. Kalau orang lain harus pakai surat kuasa yang ditandatangani diatas materai dan KTP asli pemilik rekening.

2. Pakai ATM

Masukkan Kartu ATM ke mesin ATM, masukkan PIN. Kemudian pilih berapa uang yang akan diambil. Setelah selesai Anda juga bisa melakukan transaksi lain seperti transfer misalnya.

Semoga bermanfaat bagi yang belum memiliki rekening di Bank!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Leave a Reply

 

 

 

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>